ADAB MASJID – LARANGAN MENGANYAM ANTARA JARI-JEMARI KETIKA MASUK KE DALAM MASJID SEBELUM SHALAT DAN DIBOLEHKAN SETELAH SHALAT

Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie

ثَبَتَ عَنْهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ شَبَّكَ بَيْنَ أَصَابِعِهِ غَيْرَ مَرَّةٍ، فِيْ الْمَسْجِدِ وَخَارِجِهِ، مِمَّا يَدُلُ عَلَى جَوَازِ تَشْبِيْكِ الْأَصَابِعِ مُطْلَقاً،

Diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwasanya beliau menganyam antara jari-jemarinya di dalam masjid dan di luar masjid. Hal itu menunjukkan bahwa itu dibolehkan secara mutlak,

كَحَدِيْثِ أَبِيْ مُوْسَى-رَضِيَ اللهُ عَنْهُ- عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : «إِنَّ المُؤْمِنَ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا» وَشَبَّكَ أَصَابِعَهُ ([ . رواه البخاري(481) واللفظ له، ورواه مسلم(2585)،وأحمد(19127)، والترمذي(1928) والنسائي(2560)]) .

Sebagaimana dalam hadits Abu Musa dari Nabi beliau bersabda, “Sesungguhnya mukmin yang satu dengan mukmin yang lain itu seperti sebuah bangunan dimana sebagiannya saling menguatkan sebagian yang lain dan beliau menganyam antara jari-jemarinya.” Dan Rasulullah menyatukan jari-jemarinya.

وَحَدِيْثِ أَبِيْ هُرَيْرَةَ-رَضِيَ اللهُ عَنْهُ- فِيْ سَهْوِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيْ الصَّلَاةِ- قَالَ : (فَصَلَّى بِنَا رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ سَلَّمَ، فَقَامَ إِلَى خَشَبَةٍ مَعْرُوضَةٍ فِي المَسْجِدِ،

Dan hadits Abu Hurairah yang menceritakan tentang lupanya Rasulullah ketika “Rasulullah shalat bersama kami dua raka’at, kemudian beliau salam. Rasulullah bangun menghampiri kayu yang membentang di masjid.

فَاتَّكَأَ عَلَيْهَا كَأَنَّهُ غَضْبَانُ، وَوَضَعَ يَدَهُ اليُمْنَى عَلَى اليُسْرَى، وَشَبَّكَ بَيْنَ أَصَابِعِهِ ، وَوَضَعَ خَدَّهُ الأَيْمَنَ عَلَى ظَهْرِ كَفِّهِ اليُسْرَى.. الْحَدِيْثَ) ([ . رواه البخاري (482) واللفظ له، ورواه مسلم (573)، وأحمد (9609)، والترمذي (399)، والنسائي (1224)،وأبو داود (1008)، وابن ماجة (1214)، ومالك (210)، والدارمي (1499) ….. وَخَرَجَتِ السَّرَعَانُ مِنْ أَبْوَابِ المَسْجِدِ، فَقَالُوا: قَصُرَتِ الصَّلاَةُ؟ وَفِي القَوْمِ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ، فَهَابَا أَنْ يُكَلِّمَاهُ، وَفِي القَوْمِ رَجُلٌ فِي يَدَيْهِ طُولٌ، يُقَالُ لَهُ: ذُو اليَدَيْنِ، قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَنَسِيتَ أَمْ قَصُرَتِ الصَّلاَةُ؟ قَالَ: «لَمْ أَنْسَ وَلَمْ تُقْصَرْ» فَقَالَ: «أَكَمَا يَقُولُ ذُو اليَدَيْنِ» فَقَالُوا: نَعَمْ، فَتَقَدَّمَ فَصَلَّى مَا تَرَكَ، ثُمَّ سَلَّمَ، ثُمَّ كَبَّرَ وَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ أَوْ أَطْوَلَ، ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ وَكَبَّرَ، ثُمَّ كَبَّرَ وَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ أَوْ أَطْوَلَ، ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ وَكَبَّرَ، فَرُبَّمَا سَأَلُوهُ: ثُمَّ سَلَّمَ؟ فَيَقُولُ: نُبِّئْتُ أَنَّ عِمْرَانَ بْنَ حُصَيْنٍ، قَالَ: ثُمَّ سَلَّمَ]).

Beliau bersandar disitu seakan beliau tengah marah. Lalu beliau meletakkan tangan kanannya di atas tangan kirinya dan menganyam antara jari-jemarinya, dan meletakkan pipi kanannya di atas tangan kirinya…”

وَثَبَتَ عَنْهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ النَّهْيُ عَنْ تَشْبِيْكِ الْأَصَابِعِ، فَقَدْ رَوَى كَعْبُ بْنُ عُجْرَةٍ-رَضِيَ اللهُ عَنْهُ- أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :

Dan telah shahih riwayat dari Rasulullah yang melarang menganyam antara jari-jemarinya. Ka’ab bin ‘Ujrah meriwayatkan bahwasanya Rasulullah bersabda,

«إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فَأَحْسَنَ وُضُوءَهُ، ثُمَّ خَرَجَ عَامِدًا إِلَى الْمَسْجِدِ فَلَا يُشَبِّكَنَّ يَدَيْهِ فَإِنَّهُ فِي صَلَاةٍ» ([ . رواه أبو داود (562) وقال الألباني: صحيح. ورواه أحمد (17637)، والدارمي (1404)]) .

“Apabila seseorang dari kalian berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian pergi ke masjid, janganlah sekali-kali dia menganyam antara jari-jemarinya, karena sesungguhnya ia dalam shalat.”

وَطَرِيْقُ الْجَمْعِ فِيْ ذَلِكَ أَنْ يُقَالَ : إِنَّ النَّهْيَ عَنْ تَشْبِيْكِ الْأَصَابِعِ يَكُوْنُ قَبْلَ الصَّلَاةِ

Cara menyatukan dua hadits ini adalah bahwasanya larangan menganyam antara jari-jemari sebelum shalat

لِأَنَّ الْعَامِدَ إِلَى الْمَسْجِدِ فِيْ حُكْمِ الْمُصَلِّيْ، وَبَعْدَ انْقِضَاءِ الصَّلَاةِ يَكُوْنُ الْمُصَلِّيْ فِيْ حُكْمِ الْمُنْصَرِفِ مِنْهَا.

karena orang yang hendak melaksanakan shalat di masjid sama dengan orang yang sedang shalat. Dan setelah shalat selesai, orang tersebut sama dengan orang yang selesai shalat.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *