Oleh : Abu Ghozie As Sundawie
_________________
Sehubungan dengan adanya prakiraan terjadinya gerhana matahari ataupun bulan, maka dibawah ini poin-poin penting tentang hukum yang berkaitan dengan GERHANA :
[1] Gerhana Matahari ( Khusufusy Syams ) adalah hilangnya cahaya matahari sebagian atau total pada waktu siang.
Adapun gerhana bulan ( Khusuful Qamar ) adalah hilangnya cahaya bulan sebagian atau total pada waktu malam.
๐๏ธ Para ulama ahli fikih membedakan istilah untuk gerhana, dimana mereka mengistilahkan k u s u f untuk gerhana matahari sementara untuk gerhana bulan mereka menamakannya dengan
k h u s u f.
๐ Namun sebagian ulama tidak membedakan antara istilah kusuf dengan khusuf , dimana boleh menamakan gerhana matahari dengan khusufus syams juga menamakan gerhana bulan dengan kusuful Qomar.
(Lihat Fathul Bari, Ibnu hajar 2/535)
[2] Ditinjau dari fenomena gejala alam:
๐ Gerhana matahari disebabkan karena posisi bulan berada ditengah-tengah antara matahari dan pandangan kita.
๐ Adapun gerhana bulan disebabkan posisi bumi yang berada diantara bulan dan matahari.
( Miftah Daris Saโadah, Ibnu Qoyyim 4/99).
[3] Hikmah syarโiyah terjadinya gerhana adalah untuk menakut-nakuti para hamba agar :
โฉ Mereka sadar dan ingat akan negeri akhirat
โฉ Agar mereka ingat hari kiamat
โฉ Agar mereka ingat surga dan neraka, yang pada akhirnya agar para hamba kembali ke jalan Allah.
Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda;
ุฅูููู ุงูุดููู ูุณู ููุงููููู ูุฑู ุขููุชูุงูู ู ููู ุขููุงุชู ุงูููููู ููุฎูููููู ุงูููููู ุจูููู ูุง ุนูุจูุงุฏููู ููุฅููููููู ูุง ููุง ููููููุณูููุงูู ููู ูููุชู ุฃูุญูุฏู ู ููู ุงููููุงุณู ููุฅูุฐูุง ุฑูุฃูููุชูู ู ู ูููููุง ุดูููุฆูุง ููุตููููููุง ููุงุฏูุนููุง ุงูููููู ุญูุชููู ููููุดููู ู ูุง ุจูููู ู
โSesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda (kekuasaan) Allah.
Allah menggunakan keduanya untuk menakut-nakuti hamba-hamba-Nya.
Dan sesungguhnya keduanya tidak mengalami gerhana karena meninggalnya seorang manusia.
โ ๏ธ Jika kalian melihat sesuatu (gerhana) darinya, maka shalatlah dan berdoalah kepada Allah, hingga apa yang ada pada kalian dihilangkan.โ
(HR Muslim : 2153)
Syaikh Abdul โAziz Ibnu Baz โrahimahullah- berkata :
ูู ุง ููุน ู ู ุฎุณูู ููุณูู ูู ุงูุดู ุณ ูุงููู ุฑ ููุญู ุฐูู ู ู ุง ูุจุชูู ุงููู ุจู ุนุจุงุฏู ูู ุชุฎููู ู ูู ุณุจุญุงูู ูุชุนุงูู ูุชุญุฐูุฑ ูุนุจุงุฏู ู ู ุงูุชู ุงุฏู ูู ุงูุทุบูุงูุ ูุญุซ ููู ุนูู ุงูุฑุฌูุน ูุงูุฅูุงุจุฉ ุฅููู
โKejadian gerhana bulan atau matahari, atau fenomena yang semisalnya, merupakan ujian Allah untuk hamba-hambaNya. Yaitu untuk menimbulkan rasa takut kepada Allah subhanahu wa taโala, dan peringatan kepada mereka dari berlarut-larut dalam kemaksiatan.
Dan supaya mendorong mereka untuk kembali ke jalan Allahโ
(Majmuโ Fatawa Ibnu Baz, 9/157).
[4] Ketika terjadi gerhana disyariatkan Shalat Gerhana
Hal ini berdasarkan kesepakatan para ulama namun hukumnya ada perbedaan pendapat dikalangan para ulama.
๐ Sebagian mereka mengatakan hukumnya adalah Sunnah Muakkadahย bagi setiap muslim dan muslimah, yang mukim (menetap) maupun di perjalanan, inilah pendapatnya mayoritas para ulama.
๐ Sebagian lagi mengatakan wajibย seperti imam Abu hanifah rahimahullah.
(Fathul Bari 2/527).
[5] Tidak melakukan shalat gerhana kecuali bila gerhananya terlihat.
Maka hukum asal disyariโatkan nya shalat gerhana itu karena sebab m e l i h a t gerhana bukan karena sebab dengar berita di internet, atau di koran atau lihat berita di TV.
Dalilnya adalah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :
ุฅูููู ุงูุดููู ูุณู ููุงูููู ูุฑู ูุงู ููููููุณูููุงูู ููู ูููุชู ุฃูุญูุฏูุ ููุฅูุฐูุง ุฑูุฃูููุชูู ููููู ูุงุ ููุตูููููุงุ ููุงุฏูุนููุง ุญูุชููู ููููุดููู ู ูุง ุจูููู ู
โSesungguhnya matahari dan bulan itu tidak gerhana karena matinya seseorang , maka apabila kalian melihat keduanya gerhana shalatlah, berdoโalah sehingga terangโ
(HR Bukhari : 1040)
โ๏ธ Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah ditanya tentang gerhana yang bisa dilihat oleh alat khusus bukan oleh mata telanjang biasa apakah juga harus shalat ?
๐ฉ Maka beliau menjawab ;
ูุงูุฌูุฒ ุฃู ูุตูู ุงุนุชู ุงุฏุงู ุนูู ู ุง ููุดุฑ ูู ุงูุฌุฑุงุฆุฏุ ุฃู ูุฐูุฑ ุจุนุถ ุงูููููููุ ุฅุฐุง ูุงูุช ุงูุณู ุงุก ุบูู ุงู ููู ูุฑ ุงููุณููุ ูุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุนูู ุงูุญูู ุจุงูุฑุคูุฉุ ููุงู ุนููู ุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู : (ูุฅุฐุง ุฑุฃูุชู ููู ุง ูุงูุฒุนูุง ุฅูู ุงูุตูุงุฉ) ุูู ู ุงูุฌุงุฆุฒ ุฃู ุงููู ุชุนุงูู ูุฎูู ูุฐุง ุงููุณูู ุนู ููู ุฏูู ุขุฎุฑูู ูุญูู ุฉ ูุฑูุฏูุง
Tidak boleh shalat gerhana hanya semata-mata berpegang kepada apa yang tersebar dari berita koran atau apa yang diberitakan oleh para ahli Falak (semacam Badan Meteorologi) ketika langit mendung dan tidak nampak gerhana.
Karena Nabi shalallahu alaihi wasallam mengaitkan hukum shalat gerhana itu dengan Ruโyah yaitu melihat,
Beliau bersabda, โmaka apabila kalian melihat keduanya gerhana, segeralah shalat.
Bisa saja Allah tidak menampakan gerhana kepada sebagian kaum sebagimana menampakannya kepada kaum yang lain karena sebab hikmah yang dikehendaki-Nyaโ
(Majmuโ Al-Fatawa 16/309)
[6] ๐ Waktu Shalat Gerhana dimulai sejak awal gerhana sampai gerhana tersebut selesai.
๐ Dan bersyarat jika gerhana tersebut terlihat disaksikan oleh mata, bukan semata-mata praduga.
[7] โบ๏ธ Gerhana matahari berakhir waktunya, dengan salah satu dari dua hal berikut :
(a) Matahari sudah tersingkap seluruhnya,
(b) Atau dengan tenggelamnya matahari.
โบ๏ธ Adapun gerhana bulan, waktu berakhirnya dengan salah satu dari dua hal berikut :
(a) Bulan sudah tersingkap seluruhnya
(b) Atau terbitnya matahari, atau hilangnya (tenggelamnya) bulan
[8] Tidak perlu mengqadhaโ Shalat Gerhana, jika gerhana telah selesai, karena waktunya telah berakhir.
[9] Tempat pelaksanaan Shalat gerhana afdhalnya di masjid namun boleh di rumah.
Tetapi yang lebih utama adalah dilakukan di masjid.
Sebagaimana hadits dari โAisyah radhiyallahu anha, ia berkata;
ุฎูุณูููุชู ุงูุดููู ูุณู ูููู ุญูููุงุฉู ุฑูุณููููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุฎูุฑูุฌู ุฑูุณููููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฅูููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ููููุงู ู ููููุจููุฑู ููุตููู ุงููููุงุณู ููุฑูุงุกููู
โTerjadi gerhana matahari pada zaman Rasulullah shalallahu alihi wasallam. Beliau pergi ke masjid, lalu berdiri dan bertakbir (untuk shalat), dan orang-orang pun berbaris dibelakang beliau.โ
Berkata Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-โAsqalani -rahimahullah- ;
โTelah shahih bahwa yang disunnahkan dalam Shalat Gerhana ialah dikerjakan di masjid.
Seandainya tidak disunnahkan demikian, tentunya shalat di tanah lapang itu lebih baik, karena dapat melihat berakhirnya gerhana.
Wallahu aโlam.โ
[10] Tata Cara Shalat Gerhana adalah sebagai berikut :
Pertama :
Dilakukan dengan dua rakaโat dan pada tiap rakaโat terdapat dua kali rukuโ dan dua kali sujud.
Hal ini sebagaimana hadits dari โAisyah radhiyallahu anha, ia berkata;
ุฎูุณูููุชู ุงูุดููู ูุณู ูููู ุญูููุงุฉู ุฑูุณููููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุฎูุฑูุฌู ุฑูุณููููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฅูููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ููููุงู ู ููููุจููุฑู ููุตููู ุงููููุงุณู ููุฑูุงุกููู ููุงููุชูุฑูุฃู ุฑูุณููููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุฑูุงุกูุฉู ุทูููููููุฉู ุซูู ูู ููุจููุฑู ููุฑูููุนู ุฑูููููุนูุง ุทูููููููุง ุซูู ูู ุฑูููุนู ุฑูุฃูุณููู ููููุงูู ุณูู ูุนู ุงูููููู ููู ููู ุญูู ูุฏููู ุฑูุจููููุง ูููููู ุงููุญูู ูุฏู ุซูู ูู ููุงู ู ููุงููุชูุฑูุฃู ููุฑูุงุกูุฉู ุทูููููููุฉู ูููู ุฃูุฏูููู ู ููู ุงููููุฑูุงุกูุฉู ุงููุฃูููููู ุซูู ูู ููุจููุฑู ููุฑูููุนู ุฑูููููุนูุง ุทูููููููุง ูููู ุฃูุฏูููู ู ููู ุงูุฑููููููุนู ุงููุฃูููููู ุซูู ูู ููุงูู ุณูู ูุนู ุงูููููู ููู ููู ุญูู ูุฏููู ุฑูุจููููุง ูููููู ุงููุญูู ูุฏู ุซูู ูู ุณูุฌูุฏู ุซูู ูู ููุนููู ููู ุงูุฑููููุนูุฉู ุงููุฃูุฎูุฑูู ู ูุซููู ุฐููููู
โTerjadi gerhana matahari pada zaman Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Beliau pergi ke masjid, lalu berdiri dan bertakbir (untuk shalat), dan orang-orang pun berbaris dibelakang beliau.
ใ Rasulullah shalallahu alaihi wasallam membaca dengan bacaan yang panjang.
ใ Lalu bertakbir dan melakukan rukuโ dengan panjang.
ใ Kemudian beliau mengangkat kepalanya (iโtidal) sambil mengucapkan, โSamiallahu liman hamidah, Rabbana walakal hamdu.โ
ใ Lalu beliau bangkit dan membaca bacaan yang panjang, hampir sepanjang bacaan pertama.
ใ Kemudian beliau bertakbir lalu melakukan rukuโ panjang hampir sepanjang rukuโ yang pertama.
ใ Lalu beliau mengucapkan, โSamiallahu liman hamidah, Rabbana walakal hamdu,โ
ใ Kemudian beliau bersujud.
Beliau melakukan pada rakaโat kedua seperti (pada rakaโat pertama) tersebut.โ
(HR Muslim : 101)
Kedua :
Imam disunnahkan untuk menyampaikan khutbah setelah Shalat Gerhana.
Khutbah Shalat gerhana seperti Khutbah โIed, dengan satu kali khutbah.
Ini adalah pendapat Madzhab Asy-Syafiโi, Ishaq, dan mayoritas ahli hadits.
Khutbah dilakukan dalam rangka menasihati dan mengingatkan para jamaโah, juga untuk memotivasi mereka untuk melakukan amal shalih.
Karena demikianlah yang dilakukan oleh Nabi shalallahu alaihi wasallam.
Sebagaimana hadits dari Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata;
ููุฎูุทูุจู ุงููููุงุณู ููุญูู ูุฏู ุงูููููู ููุฃูุซูููู ุนููููููู ุซูู ูู ููุงูู : ุฅูููู ุงูุดููู ูุณู ููุงููููู ูุฑู ู ููู ุขููุงุชู ุงูููููู ููุฅููููููู ูุง ููุง ููููุฎูุณูููุงูู ููู ูููุชู ุฃูุญูุฏู ููููุง ููุญูููุงุชููู ููุฅูุฐูุง ุฑูุฃูููุชูู ูููููู ูุง ููููุจููุฑูููุง ููุงุฏูุนููุง ุงูููููู ููุตููููููุง ููุชูุตูุฏููููููุง ููุง ุฃูู ููุฉู ู ูุญูู ููุฏู ุฅูููู ู ููู ุฃูุญูุฏู ุฃูุบูููุฑู ู ููู ุงูููููู ุฃููู ููุฒููููู ุนูุจูุฏููู ุฃููู ุชูุฒููููู ุฃูู ูุชููู ููุง ุฃูู ููุฉู ู ูุญูู ููุฏู ููุงูููููู ูููู ุชูุนูููู ููููู ู ูุง ุฃูุนูููู ู ููุจูููููุชูู ู ููุซูููุฑูุง ููููุถูุญูููุชูู ู ููููููููุง ุฃูููุง ูููู ุจููููุบูุชู
โBeliau menyampaikan khutbah kepada manusia dengan memuji Allah dan menyanjung-Nya. Lalu beliau bersabda, โSesungguhnya matahari dan bulan merupakan tanda-tanda (kekuasaan) Allah. Sesungguhnya keduanya tidak mengalami gerhana, karena meninggalnya seseorang atau hidupnya seseorang. Apabila kalian melihat kedua (terjadi gerhana), maka bertakbirlah, berdoalah kepada Allah, (lakukanlah) Shalat (Gerhana), dan bersedekahlah. Wahai umat Muhammad, tidak ada seorang pun yang lebih besar rasa cemburunya daripada (cemburunya) Allah jika hamba-Nya yang laki-laki berzina atau hamba-Nya yang wanita berzina. Wahai umat Muhammad, demi Allah, seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan banyak menangis dan sedikit tertawa. Ingatlah, bukankah telah aku sampaikan?โ
(HR Ahmad : 25213)
[11] Apabila gerhana sudah hilang sementara seorang masih melakukan shalat, maka ia harus menyempurnakannya secara singkat.
[12] Apabila setelah selesai shalat, ternyata gerhana belum juga hilang, maka dianjurkan untuk memberbanyak doa, membaca takbir, dan bersedekah, hingga gerhana selesai.
Hal ini sebagaimana hadits dari Abu Masโud Al-Anshari -radhiyallahu anhu- ia berkata, Rasulullah -shalallahu alaihi wasallam- bersabda;
ุฅูููู ุงูุดููู ูุณู ููุงููููู ูุฑู ุขููุชูุงูู ู ููู ุขููุงุชู ุงูููููู ููุฎูููููู ุงูููููู ุจูููู ูุง ุนูุจูุงุฏููู ููุฅููููููู ูุง ููุง ููููููุณูููุงูู ููู ูููุชู ุฃูุญูุฏู ู ููู ุงููููุงุณู ููุฅูุฐูุง ุฑูุฃูููุชูู ู ู ูููููุง ุดูููุฆูุง ููุตููููููุง ููุงุฏูุนููุง ุงูููููู ุญูุชููู ููููุดููู ู ูุง ุจูููู ู
โSesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda (kekuasaan) Allah. Allah menggunakan keduanya untuk menakut-nakuti hamba-hamba-Nya. Dan sesungguhnya keduanya tidak mengalami gerhana karena meninggalnya seorang manusia. Jika kalian melihat sesuatu (gerhana) darinya, maka shalatlah dan berdoalah kepada Allah, hingga apa yang ada pada kalian dihilangkan.โ
(HR Muslim : 2153)
[13] Shalat gerhana boleh dikerjakan di semua waktu hingga pada waktu-waktu yang terlarang shalat.
Ini adalah madzhab Imam Asy-Syafiโi -rahimahullah- .
Syaikh โAbdul โAziz bin โAbdullah bin Baz -rahimahullah- berkata ;
โYang benar kedua shalat (yaitu; Shalat Tahiyyatul Masjid dan Shalat Gerhana) itu boleh (dilakukan), bahkan disyariโatkan, karena Shalat Gerhana dan Tahiyatul Masjid termasuk shalat yang mempunyai penyebab, disyariatkan pada waktu-waktu terlarang, setelah shalat Ashar dan setelah Shubuh. Sebagaimana waktu-waktu lainnya.โ
[14] Para wanita juga disyariโatkan untuk mengikuti Shalat Gerhana dimasjid, selama tidak dikhawatirkan akan timbul fitnah.
Jika dikhawatirkan timbul fitnah, maka hendaknya para wanita shalat di rumah mereka masing-masing.
Imam Bukhari -rahimahullah- dalam Kitab Shahihnya membuat satu bab berjudul;
ุจูุงุจู ุตูููุงุฉู ุงููููุณูุงุกู ู ูุนู ุงูุฑููุฌูุงูู ููู ุงููููุณููููู
โBab : Shalatnya wanita (berjamaโah) bersama (kaum) laki-laki ketika (terjadi) gerhana.โ
[15] Tidak disyariatkan mengumandangkan adzan ataupun iqamat pada shalat gerhana.
Tetapi menggunakan panggilan khusus yaitu, โAsh-Shalatu Jamiโahโ (Mari berkumpul untuk shalat).
Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari โAbdullah bin โAmru bin Al-โAsh -radhiyallahu anhu- ia berkata;
ููู ููุง ุงูููููุณูููุชู ุงูุดููู ูุณู ุนูููู ุนูููุฏู ุฑูุณููููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููุฏูู ุจูุงูุตููููุงุฉู ุฌูุงู ูุนูุฉู
โKetika terjadi gerhana matahari pada masa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam diserukan (kepada kaum muslimin) โAsh-Shalatu Jamiโah.โ
[16] Disunnahkan mengulang-ulang panggilan โAsh-Shalatu Jamiโahโ beberapa kali jika diperlukan.
Syaikh โAbdul โAziz bin โAbdullah bin Baz -rahimahullah- berkata ;
โTelah tetap dari Nabi shalallahu alaihi wasallam bahwasanya beliau menyuruh untuk memanggil orang untuk Shalat Gerhana dengan ucapan, โAsh-Shalatu Jamiโahโ (mari berkumpul untuk shalat).
Dan sunnahnya orang yang memanggil itu mengulang-ulangi ucapan tersebut hingga ia yakin bahwa panggilan tersebut telah didengar oleh orang lain.
Dan tidak ada batasan tertentu pada pengulangannya, sepanjang pengetahuan kami.โ
[17] Bacaan imam ketika Shalat Gerhana adalah dengan dikeraskan.
Hal ini sebagaimana hadits dari โAisyah -radhiyallahu anha- ia berkata;
ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฌูููุฑู ูููู ุตูููุงุฉู ุงููุฎูุณููููู ุจูููุฑูุงุกูุชููู ููุตููููู ุฃูุฑูุจูุนู ุฑูููุนูุงุชู ูููู ุฑูููุนูุชููููู ููุฃูุฑูุจูุนู ุณูุฌูุฏูุงุชู.
โBahwa Nabi shalallahu alaihi wasallam mengeraskan bacaannya dalam shalat gerhana, beliau shalat empat kali rukuโ dalam dua rakaat dan empat kali sujud.โ
(HR Bukhari : 1065)
[18] Tata cara Shalat Gerhana bulan sama seperti Shalat Gerhana matahari.
Karena Rasulullah shalallahu alaihi wasallam menyamakan antara gerhana matahari dan gerhana bulan.
Sebagaiamana hadits yang diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu anha ia berkata Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda ;
ุฅูููู ุงูุดููู ูุณู ููุงููููู ูุฑู ุขููุชูุงูู ู ููู ุขููุงุชู ุงูููููู ููุง ููููุฎูุณูููุงูู ููู ูููุชู ุฃูุญูุฏู ููููุง ููุญูููุงุชููู, ููุฅูุฐูุง ุฑูุฃูููุชูู ู ุฐููููู ููุงุฏูุนูููุง ุงูููููู ููููุจููุฑูููุง ููุตูููููุง ููุชูุตูุฏููููููุง
โSesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda (kekuasaan) Allah.
Keduanya tidak terjadi gerhana karena meninggal dan hidupnya seseorang.
Jika kalian melihat keduanya, maka berdoโalah kepada Allah, bertakbirlah, shalatlah, dan bersedekahlah.โ
(HR Bukhari : 1044)
Ibnul Mundzir rahimahullah berkata,
โTata cara shalat gerhana bulan tidaklah jauh berbeda dengan shalat gerhana matahari.โ
[19] Batasan mendapatkan satu rakaโat dalam Shalat Gerhana (bagi makmum masbuq) ada khilaf dikalangan para ulama namun pendapat yang kuat adalah rukuโ yang pertama pada tiap-tiap rakaโat.
Jika seorang yang mendapatkan rukuโ kedua pada rakaโat pertama, berarti ia tidak dianggap mendapatkan satu rakaโat. Sehingga apabila imam telah mengucapkan salam diharuskan baginya untuk menambah satu rakaโat dengan dua rukuโ.
Pendapat inilah yang di kuatkan oleh Lajnah Daaimah dewan fatwa Ulama Saudi Arabiya ketika ditanya tentang masalah ini mereka menjawab ;
ุงูุตุญูุญ ุฃู ู ู ูุงุชู ุงูุฑููุน ุงูุฃูู ู ู ุตูุงุฉ ุงููุณูู ูุงูุนุชุฏ ุจูุฐู ุงูุฑูุนุฉุ ูุนููู ุฃู ููุถู ู ูุงููุง ุฑูุนุฉ ุฃุฎุฑู ุจุฑููุนููุ ูุฃู ุตูุงุฉ ุงููุณูู ุนุจุงุฏุฉุ ูุงูุนุจุงุฏุงุช ุชูููููุฉุ ูููุชุตุฑ ูููุง ุนูู ู ุง ุซุจุช ู ู ููููุชูุง ูู ุงูุฃุญุงุฏูุซ ุงูุตุญูุญุฉ.
โyang benar adalah bahwasanya orang yang terluput rukuโ pertama dari shalat gerhana tidaklah dihitung mendapat satu rakaat shalat, maka baginya wajib untuk menggantinya satu rakaat lagi dengan dua rukuโ karena shalat gerhana adalah bentuk ibadah sementara ibadah sifatnya Tauqifiyah (berdasarkan dalil) maka hendaknya ia melakukan sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh hadits-hadits yang shahihโ
( Fatwa Lajnah Ad-daaimah 8/323)
Demikian juga syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah mengatakan :
ูู ุชุฏุฑู ุงูุฑูุนุฉ ุจุงูุฑููุน ุงูุซุงููุ ุงูุฌูุงุจ: ูุงุชุฏุฑู ุจู ุงูุฑูุนุฉุ ูุฅูู ุง ุชุฏุฑู ุงูุฑูุนุฉ ุจุงูุฑููุน ุงูุฃููุ ูุนูู ูุฐุง ูู ุฏุฎู ู ุณุจูู ู ุน ุงูุฅูู ุงู ุจุนุฏ ุฃู ุฑูุน ุฑุฃุณู ู ู ุงูุฑููุน ุงูุฃูู ูุฅู ูุฐู ุงูุฑูุนุฉ ุชุนุชุจุฑ ูุฏ ูุงุชุชู ูููุถููุง.
โ๏ธ โApakah dianggap mendapatkan satu rokaโat bagi yang mendapati rukuโ ke dua ?
๐จ Jawabnya adalah tidak mendapatkannya, akan tetapi yang dianggap mendapatkan satu rokaโat itu apabila mendapatkan rukuโ pertama Imam oleh karena ini apabila makmum masuk shalat setelah Imam mengangkat kepalanya dari rukuโ yang pertama, maka sesungguhnya rakaโat yang ini dianggap luput sehingga ia harus menyempurnakan yang terluput tadiโ
( syarah Al-Mumtiโ 5/260).
[20] Berdasarkan hadits-hadits tentang gerhana, dapat disimpulkan ada tujuh perkara sebagai tuntunan Islam ketika terjadi gerhana diantaranya :
โ Shalat gerhana
โ Berdoa khususnya berlindung dari adzab kubur
โ Beristighfar,
โ Bertakbir,
โ Berdzikir,
โ Bershadaqah,
โ Memerdekakan budak.
(HR. Bukhari no. 1040, 1044, 1059, 2519, dan Muslim no. 901, 912, 914).
Demikian semoga bermanfaat.
Wallahu aโlam.
__________________๐โ