Pertanyaan:
Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Ana mau tanya tentang sholat jamak Maghrib di waktu Isya’. Misal kita dalam perjalanan setelah Ashar dan melewati waktu Maghrib serta tiba di tujuan pas adzan Isya’. Lalu kita ikut sholat berjamaah dengan imam di satu masjid.
1. Apakah kita harus ikut sholat Isya’ 4 rokaat terlebih dahulu kemudian kita lanjutkan dengan sholat Maghrib?
2. Apakah kita tetap ikut sholat berjamaah bersama imam yang sholat Isya’ 4 rokaat tetapi kita salam lebih dulu kemudian dilanjutkan dengan sholat Isya’?
3. Apabila yang harus kita lakukan adalah seperti pada pertanyaan yang kedua, apakah sholat Isya’ kita qoshor menjadi 2 rokaat atau tetap 4 rokaat? Mohon penjelasannya, ustadz. Dari Haidar Bamazru’ di Pasuruan
Dijawab oleh Ustadz Abu Ghozie As Sundawie :
Wa’alaikum salam warahmatullah wabarakatauh, Barokallahu fik Akhuna Haidar Bamazru’ semoga senantiasa istiqamah, diberkahi oleh Allah Ta’ala. Dari pertanyaan antum ada beberapa permasalahan yang harus dijelaskan dalam poin-poin berikut ini :
1. Seorang Musafir diberi keringanan untuk menjama’ dan mengqashar shalat.
Shalat Jama’ adalah menggabungkan dua shalat dengan mengerjakannya pada salah satu waktunya, dan shalat yang dapat dijama’ adalah khusus Zhuhur dengan Ashar dan Maghrib dengan Isya’. Hal ini berdasarkan hadits dari ’Abdullah bin ’Abbas radhiyallahu anhuma berkata;
كَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللُّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَجْمَعُ بَيْنَ صَلَاةِ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ إِذَا كَانَ عَلَى ظُهْرِ سَيْرٌ وَيَجْمَعُ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ.
”Rasulullah shalallahu alaihi wasallam menjama’ antara Shalat Zhuhur dengan (Shalat) Ashar jika dalam perjalanan, dan menjama’ (Shalat) Maghrib dengan (Shalat) Isya’.”
(HR. Bukhari : 1056).
Shalat Qashar adalah meringkas shalat empat raka’at, yaitu; Shalat Zhuhur, Ashar, dan Isya’ menjadi 2dua raka’at. Sedangkan Shalat Maghrib dan Shalat Shubuh tidak dapat diqashar. Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu anhuma, ia berkata;
فَرَضَ اللَّهُ الصَّلَاةَ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكُمْ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْحَضَرِ أَرْبَعًا وَفِي السَّفَرِ رَكْعَتَيْنِ وَفِي الْخَوْفِ رَكْعَةً.
”Allah mewajibkan shalat melalui lisan Nabi kalian shalallahu alaihi wasallam empat raka’at pada saat mukim, dua raka’at pada saat safar, dan satu raka’at pada saat khauf (takut).”
(HR. Ahmad, Muslim Juz 1 : 687, dan Abu Dawud : 1247).
2. Shalat Jama’ terbagi dua : Jama’ Taqdim dan Jama’ Ta’khir.
Jama’ Taqdim adalah menggabungkan antara dua shalat dengan mengerjakannya pada waktu pertama.
Yaitu : Shalat Zhuhur dengan Ashar dikerjakan diwaktu Zhuhur dan Shalat Maghrib dengan Isya’ dikerjakan diwaktu Maghrib.
Jama’ Ta’khir adalah menggabungkan antara dua shalat dengan mengerjakannya pada waktu kedua.
Yaitu : Shalat Zhuhur dengan Ashar dikerjakan diwaktu Ashar dan Shalat Maghrib dengan Isya’ dikerjakan diwaktu Isya’.
Diantara dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal, ia berkata;
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ فِيْ غَزْوَةِ تَبُوْكَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ زَيْغِ الشَّمْسِ آخَّرَ الظُّهْرِ إِلَى أَنْ يَجْمَعَهَا إِلَى الْعَصْرِ فَيُصَلِّيْهِمَا جَمِيْعًا وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ زَيْغِ الشَّمْسِ عَجَّلَ الْعَصْرَ إِلَى الظُّهْرِ وَصَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيْعًا ثُمَّ سَارَ وَكَانَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ الْمَغْرِبِ أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يُصَلِيْهَا مَعَ الْعِشَاءِ وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ الْمَغْرِبِ عَجَّلَ الْعِشَاءِ فَصَلَاهَا مَعَ الْمَغْرِبِ.
“Sesungguhya Nabi ketika dalam peperangan Tabuk. Apabila beliau berangkat sebelum tergelincir matahari, maka beliau mengakhirkan Zhuhur hingga beliau mengumpulkannya dengan Ashar dan beliau menjama’ keduanya [Jama’ Ta’khir].Jika beliau berangkat setelah tergelincir matahari, maka beliau menyegerakan Ashar bersama Zhuhur dan melakukan jama’ (antara) Zhuhur dan Ashar [Jama’ Taqdim], kemudian beliau berjalan.Apabila beliau berangkat sebelum Maghrib, maka beliau mengakhirkan Maghrib hingga mengerjakannya bersama Isya’ [Jama’ Ta’khir].Dan jika beliau berangkat setelah Maghrib, maka beliau menyegerakan Isya’ dan melakukan (jama’ antara) Isya’ dengan Maghrib [Jama’ Taqdim].” (HR. Tirmidzi : 553).
▪Imam An Nawawi rahimahullah berkata :
جواز الجمع بين الظهر والعصر في وقت أيتهما شاء وبين المغرب والعشاء في وقت أيتهما شاء , ولا يجوز جمع الصبح إلى غيرها , ولا المغرب إلى العصر بالإجماع
Boleh menjama’ antara dzuhur dengan Ashar pada waktu kapanpun yang dikehendaki (mau diakhirkan (jama ta’khir) atau diawalkan (jama’ taqdim), dan menjama’ antara Maghrib dengan Isya pada waktu kapanpun yang dikehendaki, akan tetapi tidak boleh menjama’ shalat shubuh dengan shalat lainnya, demikian juga tidak boleh menjama’ Maghrib dengan Ashar, berdasarkan kesepakatan para Ulama.
(Al Majmu’ Syarah Al Muhadzab 4/249)
3. Mana yang harus didahulukan ketika seseorang melakukan jama’ Ta’khir, apakah shalat yang punya waktu dahulu atau sesuai urutan shalat ?
Dalam masalah ini ada khilaf dikalangan para ulama, menurut madzhab Syafi’i yang harus didahulukan adalah shalat yang punya waktu terlebih dahulu, dan madzhab jumhur ulama adalah sesuai urutannya. Pendapat inilah yang kuat. Sebagaimana Nabi shalallahu alaihi wasallam mempraktekkan shalat ashar yang terluput pada waktu perang ahzab , beliau shalallahu alaihi wasallam melakukan shalat ashar terlebih dahulu pada waktu maghrib sebelum beliau melakukan Maghrib.
Dari Ali bin Abi Thalib berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda pada hari peperangan Khandaq (parit) :
شَغَلُونَا عَنِ الصَّلَاةِ الْوُسْطَى، صَلَاةِ الْعَصْرِ، مَلَأَ اللهُ بُيُوتَهُمْ وَقُبُورَهُمْ نَارًا، ثُمَّ صَلَّاهَا بَيْنَ الْعِشَاءَيْنِ، بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاء.
“mereka (orang-orang Kafir telah menyibukan kita (sehingga terluput) dari (mendirikan) shalat Wustha, yaitu shalat Ashar, semoga Allah memenuhi rumah dan kubur mereka dengan api”, lalu beliau shalat Ashar antara Maghrib dan ‘Isya”
(HR Bukhari dan Muslim)
4. Walaupun kita sedang safar tetap kita dianjurkan untuk berjamaah, baik dengan sesama rombongan safar dengan cara jama qashar atau berjama’ah dengan penduduk yang kita lewati dalam safar di masjid-masjid mereka.
▪Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata :
ولا تسقط صلاة الجماعة عن المسافر ؛ لأن الله تعالى أمر بها في حال القتال فقال (وَإِذَا كُنتَ فِيهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلاَةَ فَلْتَقُمْ طَآئِفَةٌ مِّنْهُم مَّعَكَ وَلْيَأْخُذُواْ أَسْلِحَتَهُمْ فَإِذَا سَجَدُواْ فَلْيَكُونُواْ مِن وَرَآئِكُمْ وَلْتَأْتِ طَآئِفَةٌ أُخْرَى لَمْ يُصَلُّواْ فَلْيُصَلُّواْ مَعَكَ) النساء /102 . وعلى هذا فإذا كان المسافر في بلد غير بلده وجب عليه أن يحضر الجماعة في المسجد إذا سمع النداء إلا أن يكون بعيدا أو يخاف فوت رفقته , لعموم الأدلة الدالة على وجوب صلاة الجماعة على من سمع النداء أو الإقامة)
Tidaklah gugur kewajiban shalat berjamaah bagi musafir, karena Allah Ta’ala memerintahkan untuk shalat berjama’ah walaupun pada saat kondisi peperangan, Allah berfirman : Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan seraka’at) , maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu shalatlah mereka denganmu”. (QS An-Nisa : 102), Atas dasar ini maka apabila Musafir disuatu daerah diluar daerahnya wajib atasnya untuk menghadiri shalat berjamaah di masjid apabila mendengar adzan, kecuali kalau memang jauh (tidak mendengar adzan) atau dikhawatirkan akan kehilangan rombongan safarnya, berdasarkan keumuman perintah shalat berjamaah bagi yang mendengar adzan atau iqamah”
(Majmu’ Fatawa Syaikh Al-‘Utsaimin, soal no. 1085)
5. Apabila Musafir bermakmum kepada yang mukim, maka wajib untuk menyempurnakan shalatnya mengikuti Imamnya yang mukim, tidak boleh menyelisihi imam dengan melakukan qashar. Berdasarkan keumuman larangan tidak bolehnya menyelesihinya Imam.
▪Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :
إِنَّمَا جُعِل الإمام لِيُؤْتَمَّ بِهِ، فَلا ت
َخْتَلِفُوا عَلَيْهِ، فإذا كَبَّرَ فَكَبروا
Sesungguhnya dijadikannya Imam itu untuk diikuti maka janganlah kalian menyelisihinya, apabila Imam bertakbir maka bertakbirlah..(HR Bukhari dan Muslim)
Diriwayatkan dari Abu Miljaz, ia berkata kepada Ibnu ‘Umar :
الْمُسَافِرُ يُدْرِكُ رَكْعَتَيْنِ مِنْ صَلَاةِ الْقَوْمِ، يَعْنِي الْمُقِيمِينَ، أَتُجْزِيهُ الرَّكْعَتَانِ أَوْ يُصَلِّي بِصَلَاتِهِمْ؟ قَالَ: فَضَحِكَ، وَقَالَ: ” يُصَلِّي بِصَلَاتِهِمْ
”Seorang musafir mendapati dua raka’at dari shalat satu kaum –orang yang mukim,- apakah dua raka’at tersebut sudah cukup baginya atau ia harus melakukan shalat seperti kaum itu?” Lalu beliau tertawa dan berkata, ”Ia melakukan shalat seperti mereka.” (HR Al Baihaqi, Sunan Al Kubra 3/157 no. 5503, di shahihkan oleh syaikh Al Albani dikitab Irwaul ghalil 3/22)
Dari Musa bin Salamah ia berkata :
كُنَّا مَعَ ابْنِ عَبَّاسٍ بِمَكَّةَ، فَقُلْتُ: إِنَّا إِذَا كُنَّا مَعَكُمْ صَلَّيْنَا أَرْبَعًا، وَإِذَا رَجَعْنَا إِلَى رِحَالِنَا صَلَّيْنَا رَكْعَتَيْنِ. قَالَ: ” تِلْكَ سُنَّةُ أَبِي الْقَاسِمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“Kami pernah bersama Ibnu ‘Abbas di Makkah, maka Aku berkata, “Kalau kami bersama kalian (penduduk makkah) kami shalat empat raka’at (shalat sempurna), tapi kalau kami kembali ke tempat kami (masih sebagai musafir di tenda-tenda kami), kami shalat dua raka’at (di Qashar). Ibnu Abbas berkata, “Itulah Sunnahnya Abul Qasim shalallahu alaihi wasallam” (HR Ahmad 1/216 : 1862, Ibnu khuzaimah : 952, Irwaul ghalil 3/21)
▪Syaikh Sa’id bin Wahaf Al Qahthani hafidzahullah berkata :
وذكر الإمام ابن عبد البر رحمه الله أن في إجماع الجمهور من الفقهاء على أن المسافر إذا دخل في صلاة المقيمين فأدرك منها ركعة أنه يلزمه أن يصلي أربعًا
Imam Ibnu Abdil Barr rahimahullah menyebutkan bahwasanya Mayoritas para ulama ahli Fikih telah sepakat bahwa Musafir apabila bermakmum kepada Imam yang muqim lalu mendapatinya satu rakaat maka hendaklah ia menyempurnakannya shalat empat raka’at” (At Tamhid 16/113 dinukil dari kitab shalatul Mu’min)
Sebaliknya Apabila orang mukim bermakmum kepada seorang musafir, maka orang musafir tersebut disunnahkan untuk mengqashar shalatnya. Sementara orang yang mukim harus menyempurnakan shalatnya setelah imamnya salam.
▪Imam Ibnu Qudamah rahimahullah mengatakan :
وَإِذَا صَلَّى مُسَافِرٌ وَمُقِيمٌ خَلْفَ مُسَافِرٍ، أَتَمَّ الْمُقِيمُ إذَا سَلَّمَ إمَامُه أَجْمَعَ أَهْلُ الْعِلْمِ عَلَى أَنَّ الْمُقِيمَ إذَا ائْتَمَّ بِالْمُسَافِرِ، وَسَلَّمَ الْمُسَافِرُ مِنْ رَكْعَتَيْنِ، أَنَّ عَلَى الْمُقِيمِ إتْمَامَ الصَّلَاةِ. وَقَدْ رُوِيَ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قَالَ: «شَهِدْتُ الْفَتْحَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – فَأَقَامَ بِمَكَّةَ ثَمَانِيَ عَشْرَةَ لَيْلَةً، لَا يُصَلِّي إلَّا رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ يَقُولُ لِأَهْلِ الْبَلَدِ: صَلُّوا أَرْبَعًا، فَإِنَّا سَفَرٌ» . رَوَاهُ أَبُو دَاوُد.
“Dan apabila Musafir dan Muqim shalat dibelakang Musafir (yang shalatnya qashar), maka yang Muqim wajib mnyempurnakan shalatnya, ketika Imam salam. Telah sepakat para Ulama bahwasanya apabila Muqim bermakmum kepada musafir, lalu Musafir tersebut salam pada dua rakaat karena mengqashar, maka yang Muqim tadi wajib untuk menyempurnakan shalatnya. Telah diriwayatkan dari ‘Imran bin Husain ia berkata, Aku ikut peristiwa penaklukan kota Makkah bersama Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, lalu tinggal di makkah selama 18 malam, Beliau tidak shalat kecuali dua raka’at (qashar), kemudian beliau bersabda kepada penduduk Makkah, shalatlah empat raka’at , kami shalat dua raka’at karena kami Musafir hadits riwayat Abu Dawud” (Al Mughni 3/146)
6. Apabila Musafir mendapati Imam (Mukim) yang sedang shalat Isya, sementara Musafir ini belum shalat Maghrib dan ‘Isya ? apakah ia harus shalat ikut Imam yaitu shalat ‘Isya atau Maghrib dahulu lalu nanti shalat Isya ? kalau demikian bagaimana caranya ? jawabannya ada beberapa cara berikut perinciannya yang dijelaskan oleh para Ulama diantaranya :
Pertama : Shalat bersama Imam, lalu diraka’at ketiga ia duduk, membaca tasyahud lalu salam. Dan ia bisa gabung lagi bersama Imam untuk shalat isyanya.
Kedua : Shalat bersama Imam, lalu diraka’at ketiga ia duduk, membaca tasyahud, dan do’a tapi tidak salam, menunggu imam menyelesaikan rak’at ke empatnya, lalu nanti salam bersama Imam.
▪Imam An Nawawi rahimahullah berkata :
ولو نوى الصبح خلف مصلي الظهر وتمت صلاة المأموم ، فإن شاء انتظر في التشهد حتى يفرغ الإمام , ويسلم معه , وهذا أفضل , وإن شاء نوى مفارقته وسلم , ولا تبطل صلاته هنا بالمفارقة بلا خلاف ، لتعذر المتابعة , وكذا فيما أشبهها من الصور
Dan seandainya orang niat shalat shubuh bermakmum kepada yang shalat dzuhur , maka sempurnalah shalatnya Makmum. Kalau ia mau menunggu di rakaat kedua , membaca tasyahud sampai imam selesai (empat raka’at) lalu salam bersama Imam dan ini yang utama, atau kalau ia mau niat memisahkan diri dengan imam yaitu salam (dirak’at kedua), dan ini tidaklah membatalkan shalatnya karena memisahkannya dengan imam tidak ada perpebadaan pendapat (dalam masalah ini) karena tidak memungkinkannya untuk mengikuti, dan demikian juga dalam bentuk shalat yang lain (seperti shalat maghrib bermakmum kepada yang shalat isya)
(Al Majmu’ syarah Al Muhadzab 4/143)
▪Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah ditanya tentang sekelompok orang yang belum shalat maghrib lalu mendapati Imam yang sedang shalat ‘Isya, maka apakah orang-orang ini shalat berjamaah (sesama mereka yang belum shalat maghrib) atau ikut bersama Imam yang shalat ‘Isya, kalau iya, bagaimana cara shalatnya ?
Maka Syaikh rahimahullah menjawab dengan merincinya sebagai berikut :
الصحيح أن الإنسان إذا جاء والإمام في صلاة العشاء ، سواء كان معه جماعة أم لم يكن ، فإنه يدخل مع الإمام بنية المغرب ، ولا يضر أن تختلف نية الإمام والمأموم لعموم قول النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ( إنما الأعمال بالنيات وإنما لكل امرئ ما نوى ) . فإن دخلوا معه في الركعة الثانية سلموا معه ، لأنهم يكونون صلوا ثلاثاً ، ولا يضر أن يكون جلسوا في الركعة الأولى ، وإن دخلوا معه في أول ركعة ، فإذا قام إلى الرابعة جلسوا وتشهدوا وسلموا ، ثم دخلوا معه فيما بقي من صلاة العشاء . القول الثاني في المسألة : أن يدخلوا معه بنية العشاء ، ويصلوا بعده المغرب ويسقط الترتيب هنا مراعاةً للجماعة . القول الثالث : أن يصلوا وحدهم صلاة المغرب ، ثم يدخلوا معه فيما بقي من صلاة العشاء ، والقولان الأخيران فيهما محذور ، أما الأول فمحذوره فوات الترتيب حيث قدم صلاة العشاء على صلاة المغرب ، وأما الثاني فمحذوره إقامة جماعتين في مسجد واحد وفي آن واحد ، وهذا تفريق للأمة . أما القول الأول الذي ذكرنا أنه الصحيح ، فربما قال قائل إن فيه محذوراً وهو تسليم هؤلاء قبل أن يسلم إمامهم ، وهذا في الحقيقة ليس فيه محذور ، فقد ورد انفراد المأموم عن الإمام في مواضع من السُّنَّة ، منها : صلاة الخوف ، فإن الإمام يصلي بهم ركعة ثم يتمون لأنفسهم وينصرفون . ومنها : قصة الرجل الذي دخل مع معاذ بن جبل رضي الله عنه ، فلما بدأ بسورة البقرة أو سورة نحوها انفصل عنه ولم يكمل معه . ومنها : أن العلماء قالوا : لو أن الإنسان أثناء الصلاة وهو مأموم ثارت عليه الريح (الغازات) أو احتاج إلى نقض الوضوء ببول أو غائط ، فإنه لا بأس أن ينوي الانفراد ويكمل صلاته وينصرف ، فهذا يدل على أن الانفراد لحاجة لا يعتبر محذوراً
Yang benar dalam masalah ini adalah apabila ada orang (belum shalat maghrib) yang mendapati imam sedang shalat Isya, baik orang ini rombongan ataupun sendirian, maka hendaknya ia ikut shalatnya imam dengan niat shalat Maghrib, tidak masalah adanya perbedaan niat antara Imam dan makmum, sesuai dengan keumuman sabda Nabi shalallahu alaihi wasallam, sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya, dan masing-masing orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan.
[1] Maka apabila ia masuk shalat bersama imam dalam kondisi imam sedang diraka’at kedua maka shalatlah bersama imam dan salam bersamnya, karena bagi yang shalat maghrib tadi sudah genap tiga raka’at. Dan tidak mengapa kalau seandainya ia menunggu dulu satu raka’at pertama (supaya pas Imam tinggal 3 raka’at)
[2] Apabila ia masuk shalat berjamaah dari awal raka’at, maka ketika imam dirakaat ketiga mau bangkit ke rakaat ke empat, makmum hendaknya duduk, membaca tasyahud, lalu salam, lalu masuk lagi shalat bersama imam disisa shalatnya, (untuk shalat ‘Isya), ini yang pertama.
Lalu ada pendapat yang kedua dalam masalah ini yaitu shalat berjamaah bersama imam dengan niat shalat isya, dan tertib (urutan) shalat disini digugurkan demi menjaga shalat berjam’ah.
[3] Ada juga pendapat yang ke tiga yaitu mereka shalat dulu Maghrib secara terpisah lalu shalat berjama’ah bersama imam shalat ‘Isya.
Maka kedua pendapat yang terakhir adalah lemah , karena ada kemadharatan. Kemadharatan pertama, menghilangkan tertibnya shalat dan yang kedua adanya dua jam’ah disatu masjid, pada satu waktu.
Adapun pendapat yang pertama yang kita sebutkan diatas adalah yang shahih. Mungkin ada orang yang berkata, pada pendapat pertamapun ada kemudharatan yaitu Makmum salam sebelum salam nya Imam,
Dan ini pada hakekatnya bukanlah kemudharatan, karena menyendirinya (berbedanya) antara makmum dari imam itu ada banyak contohnya didalam sunnah (hadits), diantaranya shalat khouf, Imam shalat satu rakaat bersama makmum lalu makmum menyempurnakan sisanya sendiri-sendiri lalu salam.
Diantaranya lagi adalah kisah seseorang yang sedang bermakmum kepada Mu’adz bin jabal lalu ketika Mu’adz muali membaca surat Al baqarah, makmum ini memisahkan diri tidak menyempurnakannya bersama Imam (karena kepanjangan bacaannya Mu’adz)
Diantaranya juga bahwasanya para Ulama mengatakan, apabila makmum sedang shalat bersama Imam lalu buang angin atau mau buang hajat, maka tidak mengapa untuk memisahkan dari shalat berjam’ah, dan ini menunjukan bahwa pemisahan diri dari shalat jama’ah karena ada hajat tidaklah dianggap berbahaya (Liqaat Al bbab Al Maftuh 3/425)
▪Syaikh Bin Baaz rahimahullah berkata :
إذا دخلت المسجد وصلاة العشاء مقامة ، ثم تذكرت أنك لم تصل المغرب ، فادخل مع الجماعة بنية صلاة المغرب ، وإذا قام الإمام إلى الركعة الرابعة فاجلس أنت في الثالثة واقرأ التشهد الأخير – أعني التحيات والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم – والدعاء بعدها وانتظر الإمام حتى يسلم ثم تسلم معه ، ولا يضر اختلاف النية بين الإمام والمأموم على الصحيح من أقوال أهل العلم ، وإن صليت المغرب وحدك ثم دخلت مع الجماعة فيما أدركت من صلاة العشاء فلا بأس
Apabila engkau masuk masjid sementara shalat Isya sedang ditegakkan, lalu engkau teringat bahwasanya engkau belum shalat maghrib, maka masuklah engkau ikut shalat berjamaah dengan niat shalat Maghrib, Apabila Imam bangkit ke rakaat ke empat, engkau duduk dirakaat ketiga, bacalah tasyahud (akhir) , do’a lalu nunggu Imam sampai salam dan nanti salam bersama Imam, tidak mengapa bedanya niat antara imam dan makmum menurut pendapat yang benar dari kalangan para ulama. Tapi kalau engkau shalat maghrib sendirian lalu masuk berjama’ah ikut shalat isya dari apa yang dapat bersama imam juga tidak mengapa” (majmu’ Fatawa Bin Baaz 12/189).
Inilah yang bisa dijawab wallahu a’lam
✍ Abu Ghozie As Sundawie