Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie
كَانَ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يُدَاوِمُ عَلَى قِرَاءَةِ سُوْرَةِ الْإِخْلَاصِ وَالْمُعَوِّذَتَانِ، وَيَنْفُثُ بِهَا فِيْ كَفَّيْهِ ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعُ مِنْ جَسَدِهِ.
Rasulullah selalu membiasakan membaca surat Al-Ikhlas, dan Al-Mu’awwidzatain (surat Al-Falaq dan An-Nas), dan setelah itu beliau meniup kedua telapak tangan dan mengusapkannya ke tubuhnya.
تَقُوْلُ أُمُّ الْمُؤْمِنِيْنَ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ، ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا :
Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Bahwasanya Nabi apabila hendak tidur setiap malam, beliau menyatukan kedua telapak tangannya kemudian beliau meniup telapak tangannya, beliau membaca
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الفَلَقِ وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ، ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ،
Qulhuwallahu ahad dan Qul a’udzu birabbil falaq serta Qul a’udzu birabbin Naas Kemudian beliau mengusap bagian tubuhnya yang mampu diusapnya dengan kedua telapak tangannya
([يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ” ([ رواه البخاري (5017)
Beliau mengusap kepala dan wajahnya terlebih dahulu setelah itu mengusap tubuhnya bagian depan, beliau melakukan hal itu tiga kali.”
وَأَفَادَ هَذَا الْحَدِيْثُ مُدَاوَمَةَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى ذَلِكَ الْأَمْرِ لِقَوْلِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : (كُلَّ لَيْلَةٍ)،
Hadits ini memberitahukan kita atas kebiasaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yaitu ucapan Aisyah radhiyallahu ‘anha, setiap malam”
وَأَنَّ الْقِرَاءَةَ بِهَا تَكُوْنُ نَفَثاً فِيْ الْكَفَّيْنِ ثُمَّ يَسْمَحُ بِهِمَا مَا يُسْتَطَاعُ مِنَ الْجَسَدِ ابْتِدَاءً بِالرَّأْسِ الْوَجْهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنَ الْجَسَدِ
Dan membaca surat-surat ini dan setelah itu meniup telapak tangan dan mengusapkannya ke tubuh semampunya, dimulai dari kepala, wajah, dan setelah itu tubuhnya bagian depan.
وَأَفَادَ الْحَدِيْثُ أَيْضاً أَنَّ ذَلِكَ النَّفَثَ يَكُوْنُ ثَلَاثاً وَفَائِدَةُ التَّفْلِ التَّبَرُّكُ بِتِلْكَ الرُّطُوبَةِ
Dan hadits ini juga memberitahukan bahwa mengusapkan pada telapak tangan sebanyak tiga kali. Dan gunanya meniup ke kedua belah telapak tangan adalah tabarruk dengan kesejukannya,
وَالْهَوَاءِ وَالنَّفَسِ الْمُبَاشِرَةِ لِلرُّقْيَةِ وَالذِّكْرُ الْحَسَنُ… قاله الْقَاضِي ([ شرح صحيح مسلم للنووي . المجلد السابع(14/150)])
Udara dan nafas yang bersentuhan langsung dengan rukyah dan dzikir yang baik. Seperti yang dikatakan oleh al-qadhi iyadh.
فَائِدَةٌ : النَّفَثُ بِسُوْرَةِ الْإِخْلَاصِ وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ لَيْسَ مَخْصُوْصاً عِنْدَ النَّوْمِ فَقَطْ
Faidah : Rukyah dengan surat Al-Ikhlas dan Al-Mu’awwidzatain, bukan hanya ketika hendak tidur saja.
بَلْ يُسْتَحَبُّ لِمَنِ اشْتَكَى وَجَعاً أَنْ يَنْفُثَ بِهِذِهِ السُّوَرِ عَلَى كَفَّيْهِ ثَلَاثاً وَيَمْسَحُ بِهِمَا جَسَدَهُ.
Akan tetapi, dianjurkan bagi orang yang sakit, dia membaca surat-surat ini kemudian meniup telapak tangannya sebanyak tiga kali, lalu mengusap tubuhnya.
رَوَى الْبُخَارِيُّ مِنْ حَدِيْثِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : «أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا اشْتَكَى نَفَثَ عَلَى نَفْسِهِ بِالْمُعَوِّذَاتِ، وَمَسَحَ عَنْهُ بِيَدِهِ،
Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha “Bahwasanya Rasulullah apabila sakit beliau membaca Al-Mu’awwidzat dan mengusap tubuhnya dengan tangannya.
فَلَمَّا اشْتَكَى وَجَعَهُ الَّذِي تُوُفِّيَ فِيهِ، طَفِقْتُ أَنْفِثُ عَلَى نَفْسِهِ بِالْمُعَوِّذَاتِ الَّتِي كَانَ يَنْفِثُ،
Dan di masa-masa sakitnya beliau yang di masa itu beliau wafat, aku membacakan untuknya Al-Mu ‘awwidzat yang biasa beliau baca,
وَأَمْسَحُ بِيَدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْهُ ([ رواه البخاري (4439)، ومسلم (2192)،وأحمد (24310)، وأبو داود (3902) وابن ماجه (3529)، ومالك (1755)]) وَيَدْخُلُ فِيْهَا سُوْرَةُ الْإِخْلَاصِ مِنْ بَابِ التَّغْلِيْبِ. ([ (انظر فتح الباري 8/680)])
Dan kuusap tubuhnya dengan kedua tangan beliau, “Mu’awwidzat : Surat Al-Falaq dan An-Nas, dan termasuk di dalamnya surat Al-Ikhlas.”