Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie
وَفِيْهِ حَدِيْثُ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَنَفَّسُ فِي الشَّرَابِ ثَلَاثًا، وَيَقُولُ : «إِنَّهُ أَرْوَى وَأَبْرَأُ وَأَمْرَأُ» قَالَ أَنَسٌ : «فَأَنَا أَتَنَفَّسُ فِي الشَّرَابِ ثَلَاثًا» ([ رواه البخاري(45631)، ومسلم(2028) واللفظ له، وأحمد(11776)، والترمذي(1884)، وابن ماجه(3416)، والدارمي(2120) ولم يذكر ابن ماجه والترمذي، الشق الثاني من الحديث .]) .
Dalam hal ini ada sebuah hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah bernafas tiga kali di luar bejana dan meminum tiga kali tegukan, dan bersabda, “Sesungguhnya itu lebih menghilangkan haus, lebih aman dari penyakit dan lebih baik manfaatnya. ‘Dan aku pun minum tiga kali tegukan.”
وَالْمُرَادُ بِالتَّنَفُّسِ فِيْ الشَّرَابِ ثَلَاثاً هُوَ إِبْعَادُ الْإِنَاءِ عَنْ فيِّ الشَّارِبِ ثُمَّ التَّنَفُّسِ خَارِجَهُ، وَإِلَّا فَالتَّنَفُّسِ فِيْ الْإِنَاءِ مَنْهِيٌّ عَنْهُ.
Dan yang dimaksud dengan tiga kali nafas adalah menjauhkan gelas dari mulut kemudian bernafas. Jika bukan yang demikian, maka bernafas ke dalam gelas ketika minum itu dilarang.
وَيُبَاحُ الشُّرْبُ دَفْعَةً وَاحِدَةً وَلَا كَرَاهَةَ فِيْ ذَلِكَ، وَيَسْتَدِلُّ لِذَلِكَ بِحَدِيْثِ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ-رَضِيَ اللهُ عَنْهُ-
Dibolehkan meminum sekali tegukan, dan hal itu tidak dimakruhkan. Ini ditunjukkan oleh hadits Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu,
أَنَّهُ لَمَّا دَخَلَ عَلَى مَرْوَانَ بْنِ الْحَكَمِ قَالَ لَهُ : أَسَمِعْتَ مِنْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ نَهَى عَنِ النَّفْخِ فِي الشَّرَابِ ؟
bahwasanya ketika dia menemui Marwan bin Al-Hakam, dan Marwan bertanya kepada Abu Sa’id, “Apakah kamu mendengar dari Rasulullah bahwa beliau melarang bernafas ketika minum?”
قَالَ: فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ : نَعَمْ. قَالَ: فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنِّي لَا أُرْوَى مِنْ نَفَسٍ وَاحِدٍ،
Abu Sa’id menjawab, “Ya. Lalu ada seorang lelaki yang bertanya, ‘Wahai Rasulullah, aku tidak kenyang dalam satu kali bernafas.’
فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «فَأَبِنِ الْقَدَحَ عَنْ فِيكَ ثُمَّ تَنَفَّسْ» قَالَ: فَإِنِّي أَرَى الْقَذَاةَ فِيهِ قَالَ: «فَأَهْرِقْهَا» ([ . رواه الترمذي(1887) وقال: حديث حسن صحيح،وأحمد(10819)، ومالك(1718) واللفظ له، والدارمي(2121)]) .
Maka, Rasulullah bersabda, “Jauhkanlah gelas dari mulutmu kemudian bernafaslah. Lelaki itu berkata, aku melihat ada kotoran ke dalam gelas. Rasulullah menjawab, ‘Buanglah kotoran itu’.”
قَالَ مَالِكٌ فَكَأَنِّي أَرَى فِي ذَلِكَ الرُّخْصَةَ أَنْ يَشْرَبَ مِنْ نَفَسٍ وَاحِدٍ مَا شَاءَ
Imam Malik berkata, “Aku melihat pada yang demikan itu ada dispensasi, yakni boleh minum dalam satu kali tegukan.
وَلَا أَرَى بَأْسًا بِالشُّرْبِ مِنْ نَفَسٍ وَاحِدٍ وَأَرَى فِيهِ رُخْصَةً لِمَوْضِعِ الْحَدِيثِ إِنِّي لَا أُرْوَى مِنْ نَفَسٍ وَاحِدٍ ([ . التمهيد لابن عبد البر:(1/392)]) .
Dan aku berpendapat tidak mengapa bila minum dalam satu kali tegukan. Dan aku berpendapat padanya ada rukhshah berdasarkan hadits aku tidak kenyang dalam satu kali bernafas.”
وَقَالَ شَيْخُ الْإِسْلَامِ : وَفِيهِ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّهُ لَوْ رُوِيَ فِي نَفَسٍ وَاحِدٍ وَلَمْ يَحْتَجْ إلَى النَّفَسِ جَازَ. وَمَا عَلِمْت أَحَدًا مِنْ الْأَئِمَّةِ أَوْجَبَ التَّنَفُّسَ وَحَرَّمَ الشُّرْبَ بِنَفَسِ وَاحِدٍ. ([ . الفتاوى(32/209)]) .
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Pada hadits ini ada petunjuk, jika seseorang kenyang dalam satu kali tegukan, dia tidak perlu menarik nafas di luar gelas, dan itu dibolehkan. Aku tidak mengetahui ada salah seorang imam yang mewajibkan bernafas -di luar gelas ketika minum-, dan mengharamkan minum satu kali tegukan.”