Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie
الْأَصْلُ فِيْ الْبَوْلِ أَنْ يَكُوْنَ مِنْ قُعُوْدٍ، قَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : «مَنْ حَدَّثَكُمْ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَالَ قَائِمًا فَلَا تُصَدِّقُوهُ؛ مَا كَانَ يَبُولُ إِلَّا جَالِسًا» ([ رواه النسائي( 29) وصححه الألباني، والترمذي(12)، وابن ماجه(307)]) .
Pada dasarnya ketika kencing haruslah duduk. Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Siapa yang menyampaikan kepada kalian bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kencing sambil berdiri, janganlah dipercaya. Rasulullah tidak pernah kencing kecuali dalam keadaan duduk.”
وَذَلِكَ لِأَنَّ الْبَائِلَ قَائِماً لَا يَسْلَمُ عَادَةً مِنْ تَلَوُّثِ فِيْ بَدَنِهِ وَثَوْبِهِ وَلَكِنْ إِنْ دَعَتِ الْحَاجَةُ إِلَى الْبَوْلِ وَاقِفاً فَلَا بَأْسَ بِذَلِكَ
Hal itu karena orang yang kencing sambil berdiri pada umumnya mengotori badan dan bajunya. Tetapi bila kondisi memaksa kita untuk kencing sambil berdiri, itu tidak apa-apa.
لِمَّا رَوَاهُ حُذَيْفَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : «رَأَيْتُنِي أَنَا وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَتَمَاشَى فَأَتَى سُبَاطَةَ ([ . السُّباطة: الكناسة… :[ وهي ] الموضع الذي يُرمى فيه التراب والاوساخ وما يُكنس من المنازل. ( لسان العرب 7/309) مادة 🙁 سبط)
kata سبط Yaitu sampah (yang disapu) …: Tempat yang dibuang padanya debu kotoran dan apa saja yang disapu dari rumah. (Lisan Al-Arab 7/309) akar kata: سبط]) قَوْمٍ خَلْفَ حَائِطٍ،
Sesuai dengan yang diriwayatkan Hudzaifah dia berkata, “Aku pernah bersama Nabi tiba di sebuah tempat pembuangan sampah suatu kaum di belakang dinding,
فَقَامَ كَمَا يَقُومُ أَحَدُكُمْ، فَبَالَ، فَانْتَبَذْتُ مِنْهُ، فَأَشَارَ إِلَيَّ فَجِئْتُهُ، فَقُمْتُ عِنْدَ عَقِبِهِ حَتَّى فَرَغَ» ([ .رواه البخاري(225)، ومسلم(273)، وأحمد(22730)، والترمذي(13)، والنسائي(18)، وأبو داود(23)، وابن ماجه(305)، والدارمي(668)]) .
maka beliau berdiri sebagaimana salah seorang dari kalian berdiri, Beliau pun kencing, lalu aku menjauh dan beliau memberikan isyarat agar aku berdiri di belakangnya dekat tumit beliau hingga beliau selesai.”
وَلَا مُنَافَاةَ بَيْنَ حَدِيْثِ حُذَيْفَةَ، وَبَيْنَ قَوْلِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا فَكَلَامُ عَائِشَةَ يُحْمَلُ عَلَى اْلأَغْلَبِ مِنْ عَادَةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَقُلْنَا ذَلِكَ لِثُبُوْتِ بَوْلِهِ قَائِماً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Tidak adanya kontradiksi antara hadits ini dan hadits ucapan Aisyah radhiyallahu ‘anha. Ucapan Aisyah radhiyallahu ‘anha dilhami bahwa itu adalah kebiasaan umum Rasulullah dan kami katakan hal itu karena ada ketetapan bahwa beliau pernah kencing dalam keadaan berdiri.
وَحَمَلَ الْعُلَمَاءُ بَوْلَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَائِماً، عَلَى أَنَّ ذَلِكَ لِبَيَانِ الْجَوَازِ، أَوْ أَنَّهُ كَانَ فِيْ مَكَانٍ لَا يَسْتَطيْعُ مَعَهُ الْبَوْلُ جَالِساً .
Dan para ulama membawa pemahaman kencing berdirinya Nabi untuk menjelaskan bahwa itu boleh. Atau, beliau ketika itu di tempat yang tidak bisa kencing sambil duduk.
فَائِدَةٌ : لِجَوَازِ الْبَوْلِ قَائِماً شَرْطَانِ : (1) أَنْ يَأْمَنَ التَّلْوِيْثَ . (2) أَنْ يَأْمَنَ النَّاظِرَ . قَالَهُ ابْنُ عُثَيْمِيْنَ ([ . الشرح الممتع (1/92)]) .
Faidah : Ada dua syarat untuk membolehkan kencing sambil berdiri : (1) Aman dari percikan kotoran (najis) (2) Aman dari pandangan orang atau tersembunyi. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Al-Utsaimin.”
مَسْأَلَةٌ : هَلْ يَجُوْزُ الْبَوْلُ قَائِماً لِغَيْرِ حَاجَةٍ ؟ الْجَوَابُ : قَالَتِ اللَّجْنَةُ الدَّائِمَةُ : لَوْ بَالَ قَائِماً لِغَيْرِ حَاجَةٍ لَمْ يَأْثَمْ لَكِنَّهُ خَالِفٌ فِيْ الْقَضَاءِ حَاجَتِهِ الْأَفْضَلَ وَالْأَكْثَرَ مِنْ فِعْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ([ . (5/89-90) . فتوى (4213)]) .
Permasalahan : Apakah kencing sambil berdiri dibolehkan tanpa adanya udzur? Jawaban : Al-Lajnah Ad-Daimah berkata, “Jika seseorang kencing berdiri padahal tidak ada udzur, dia tidak berdosa, tetapi menyalahi yang lebih utama dan kebiasaan umum yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.”